Posted by : Unknown Jumat, 28 Juni 2013




Merawat kucing Persia itu tidaklah susah. Yang harus diperhatikan adalah jadual untuk memandikannya - cukup 2 Minggu sekali.
Oleh karenanya kami mencoba berbagi  untuk meramu tips merawat kucing persia berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara kucing persia. Berikut ini adalah cara merawat kucing Persia yang berhasil kami susun:
  • Yang paling dasar adalah rajin-rajin menyisir bulu si kucing. Bulu kucing persia sangat lebat dan panjang, serta kemampuan membersihkan bulunya sendiri juga pasti ada batasnya. So, setidaknya sekali sehari anda harus menyikat bulu kucing cantik ini.
  • Setidaknya 2 minggu sekali kucing persia harus dimandikan, jika kucing anda selalu berada di dalam rumah. Namun jika kucing anda suka beraktifitas di luar rumah, mungkin anda perlu lebih sering memandikannya, Sekali seminggu lah paling tidak.
  • Dulu saya pikir hanya kucing persia saya saja yang "belekan", ternyata kebanyakan kucing persia memang punya masalah dengan matanya. So, jika melihat mata kucing sering mengeluarkan kotoran (terutama pada pagi hari) sebaiknya anda segera membersihkannya dengan tisu mata yang sesuai, karena jika tidak segera dibersihkan, kotoran mata yang jatuh ke area hidung dan mengering akan mengganggu sistem pernafasan si kucing pesek ini.
  • Meskipun kebanyakan kucing memang menyukai kebersihan, tetapi sepertinya kucing persia lah yang paling mengharapkan kebersihan. Anda harus rajin-rajin membersihkan kandangnya. Setidaknya setiap hari anda harus membersihkan kotak pasirnya (baca membersihkan kotak pup) dan mencuci kandangnya seminggu sekali. Sebaiknya anda meletakkan kandang si kucing di kamar tersendiri yang sinar matahari pagi atau sore dapat masuk, sehingga si kucing dapat sesekali berjemur.
  • Untuk makanannya, cukup beri kucing ini cat food saja. Konon kalau memberinya daging atau ikan justru akan mengganggu pertumbuhan bulunya. Selain itu, jangan sampai kucing kesayangan anda tersebut makan kecoa. Karena kucing persia akan mati setelah makan kecoa.
  • Dan yang paling penting adalah jangan lupa melakukan vaksinasi kepada si kucing setelah si kucing berumur 3 bulan. Ikuti saja saran dokter tentang vaksinasi apa saja yang perlu dilakukan. Kalau dulu saya disarankan untuk melakukan vaksinasi sebanyak 3 kali dalam tahun pertama.
Memang terdengar sangat merepotkan memelihara kucing persia itu. Namun dengan perawatan yang tepat si kucing akan dapat hidup dengan lebih sehat dan panjang umur serta penampilannya akan selalu terlihat menawan. Mungkin anda juga tertarik untuk mengunjungi Galeri Foto Kucing Persia.
Sekian Tips merawat kucing Persia yang berhasil kami himpun. Jika ada kekurangan atau hal-hal yang tidak sesuai mohon tambahannya, karena pengalaman tiap orang pasti berbeda-beda. Namun semoga saja Tips merawat kucing Persia dari kami dapat membantu anda. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Mocha & Mochi - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Tengku M. Kamil -